MENGENAL JENIS-JENIS TIMBANGAN DIGITAL

Timbangan digital adalah alat pengukuran yang digunakan untuk mengukur berat suatu barang atau zat dengan sistem digital. Sistem digital memiliki akurasi yang tinggi dan tepat serta tahan lama jika dibandingkan dengan timbangan pegas atau timbangan analog yang sering aus sehingga memberikan informasi penimbangan yang berbeda seiring berjalannya waktu.
Timbangan dengan sistem digital memiliki konsistensi yang dapat bertahan dalam waktu yang lama. Timbangan ini dapat digunakan dalam berbagai tujuan dan objek-objek penimbangan yang berbeda-beda, mulai dari penimbangan bahan-bahan keperluan dapur, laboratorium sampai ke berbagai macam industri.
Timbangan Digital


Jenis-Jenis Timbangan Digital

Timbangan portabel atau timbangan meja adalah timbangan yang praktis dan mudah dipindah-pindahkan (portabel). Timbangan ini dalam pengaplikasiannya biasa diletakan di atas meja untuk mempermudah usernya. Timbangan ini digunakan untuk menimbang barang-barang dengan kapasitas maksimal 30kg.

Timbangan harga adalah timbangan yang memiliki fungsi lain selain menunjukkan angka hasil penimbangan juga dapat menunjukan harga dari objek yang ditimbang. Timbangan ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan timbangan portabel/timbangan meja lainnya, mudah dipindah-pindahkan dan praktis untuk digunakan, perbedaannya pada timbangan harga  terdapat 2 display indikator yaitu display hasil penimbangan dan display harga. Adapun harganya dapat di setting sesuai kebutuhan.

Timbangan saku adalah jenis timbangan kecil yang bisa dibawa kemana-mana. Selain bentuknya yang kecil, timbangan ini juga memiliki kapasitas yang kecil pula yaitu 30kg kebawah. Timbangan ini biasa digunakan untuk menimbang emas dan barang-barang lainnya yang memiliki kapasitas yang kecil.

Timbangan duduk adalah timbangan yang  memiliki indikator dan tempat timbang yang terpisah biasanya dihubungkan dengan tiang penyangga. Timbangan ini bisa dipindah-pindahkan juga seperti halnya timbangan portabel hanya saja untuk kapasitas yang dimiliki bisa lebih besar dibanding timbangan portabel. Timbangan duduk ini biasa tersedia mulai dari kapasitas 6kg sampai dengan 300kg.

Sama halnya dengan timbangan duduk, timbangan lantai juga terpisah antara tempat timbang dan indikatornya. Yang menjadi perbedaan ada lah timbangan lantai memiliki kapasitas yang lebih besar dan ukuran platform atau tempat timbang yang lebih besar pula. Biasanya timbangan ini memiliki range kapasitas mulai dari 150kg hingga 5 ton bahkan 15 ton. Timbangan ini dinamakan timbangan lantai karena biasanya timbangan ini ditanam sehingga rata dengan lantai. Hal ini memiliki tujuan untu mempermudah peletakan objek timbang pada tempat timbangan mengingat berat barang yang akan ditimbang pada timbangan ini merupakan barang dengan kapasitas yang besar.

Timbangan Gantung adalah timbangan yang sistem penimbangannya digantungkan pada timbangan tersebut. Timbangan ini tidak memiliki platform atau tempat timbang. Beban yang akan ditimbang biasanya digantung dan langsung menarik loadcell yang sudah menyatu dengan indikatornya.

Timbangan ini termasuk jenis timbangan portabel karena memiliki fungsi mobilitas yang praktis. Timbangan counting adalah timbangan yang berfungsi untuk menghitung barang-barang kecil yang bila dilakukan secara manual dapat memakan waktu yang lama seperti : tablet, kancing, mur, baut dan lain sebagainya. Cara kerjanya adalah dengan menimbangkan sampel pada timbangan, misalnya 5 buah mur. Selanjutnya berat mur itu akan disimpan dalam memori timbangan untuk jumlah 5 mur. Setelah itu berapapun mur yang dimasukkan dalam timbangan akan bisa dihitung berat dan jumlahnya oleh timbangan tersebut.

Timbangan analitk adalah timbangan yang digunakan untuk keperluan laboratorium. Timbangan ini memiliki ketelitian yang cukup tinggi dengan range ketelitian 0,01g sampai 0,0001g.

Sesuai dengan namanya timbangan waterproof adalah timbangan yang memiliki kelebihan akan adanya ketahanan terhadap lingkungan yang lembab atau berair. Lingkungan yang lembab dan cenderung basah akan mengakibatkan timbangan biasa tidak bisa bertahan. Timbangan ini biasa digunakan pada industri perikanan atau hewan yang hidup di air lainnya.

Timbangan ternak adalah timbangan yang berfungsi untuk menimbang hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau dan lain sebagainya. Timbangan ternak digital ini berbeda dengan timbangan digital lainnya, selain tempat penimbangannya yang sudah pasti berbeda timbangan ternak ini biasanya memiliki fungsi Hold/ Peak Hold. Dimana fungsi Hold merupakan fungsi dimana bila didapat angka yang sering menunjuk maka angka tersebut otomatis berhenti dan mengunci. Fungsi Peak Hold sama dengan fungsi Hold hanya saja fungsi Peak Hold angka berhentinya pada saat timbangan mendapatkan angka tertingginya. Fungsi ini bertujuan untuk mempermudah mendapatkan hasil penimbangan hewan ternak yang ditimbang, mengingat hewan ternak pada saat ditimbang pasti akan bergerak dan menyebabkan angka timbangn tidak stabil.


MENJUAL BERBAGAI JENIS TIMBANGAN DIGITAL BERKUALITAS
Hubungi kami :
021-30306260 (call only)
0818-0690-5207 (call / sms / whatsapp)

Komentar