KENALI BERBAGAI MACAM KEGUNAAN TIMBANGAN SAKU (POCKET SCALE)

Timbangan adalah alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap masa atau berat suatu benda. Timbangan juga sering dikenal sebagai neraca dimana neraca ini memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu diantaranya adalah timbangan saku atau juga sering dikenal denga pocket scale. Timbangan saku atau pocket scale merupakan timbangan yang berukuran kecil dan bias dengan mudal dibawa kemana-mana.

Timbangan Saku, Timbangan Emas, Pocket Scale

Kapasitas yang dimiliki pocket scale juga kecil selain memiliki ukuran yang kecil. Kapasitas pocket scale atau timbangan saku ini berkisar antara 200gr sampai dengan 500gr. Namun keunggulannya pocket scale ini mampu mengukur berat benda yang sangat kecil hingga 100gr. Meski kapasitas yang dimiliki pocket scale kecil namun timbangan ini di desain dengan ketelitian yang sangat tinggi, yaitu hingga 0,01gr. Dengan tingkat akurasi yang kecil maka pengukuran berat suatu barang bias dihasilkan secara tepat dan akurat. 

Salah satu fungsi pocket scale atau timbangan saku ini adalah menimbang emas, banyak sekali orang mempercayakan pengukuran berat emas dengan menggunakan pocket scale, maka timbangan saku atau pocket scale ini sering juga disebut dengan timbangan emas. Timbangan saku ini dapat dijumpai di toko-toko emas besar maupun ada tempat jual beli emas keliling, ini dikarenakan ukuran pocket scale yang sangat minimalis sehingga tidak merepotkan untuk dibawa bagi para tukang jual beli emas keliling dan dapat mempermudah kegiatan usahanya.

Timbangan saku juga tidak hanya berguna untuk menimbang emas saja, melainkan dapat juga digunakan untuk menimbang material-material kecil lainnya seperti berlian, intan, perak, obat-obatan  dan lain sebagainya. Untuk menimbang atau mengukur berat obat-obatan timbangan saku sering digunakan oleh para apoteker. Selain berguna untuk menimbang barang-barang padat yang keras timbangan saku juga bisa digunakan untuk menimbang benda-benda padat yang halus seperti obat puyer, bumbu dan benda-benda berbentuk powder lainnya.

Cara pengoperasian timbangan saku sangatlah praktis dan mudah. Penggunanya hanya cukup meletakkan timbangan pada bidang datar lalu menekan tombol on untuk menyalakan timbangan, kemudian tunggu hingga angka yang terdapat pada display timbangan stabil di angka 0,00. Setelah itu letakkan objek atau benda-benda yang akan ditimbang pada atas pan timbangan, maka setelah beberapa saat pada display LCD akan muncul angka digital hasil dari penimbangan tersebut.


Hubungi kami :
Mealabs Indonesia021-2853 5279 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)

Komentar