KARAKTERISTIK LOAD CELL PADA TIMBANGAN LANTAI

Load Cell pada Timbangan LantaiTimbangan memiliki berbagai jenis, salah satunya adalah timbangan lantai. Mengapa disebut timbangan lantai? Karena posisi penggunaan timbangan ini adalah di tanam di lantai, sehingga posisinya sejajar dengan lantai. Timbangan lantai (floor scale) didesain dengan struktur yang lebih kompleks dan lebih kuat agar dapat mengukur beban yang lebih besar dibandingkan timbangan jenis lain. Biasanya timbangan lantai diperuntukkan untuk menimbang barang dengan berat rata-rata diatas 1 Ton (1000kg).

Maka untuk mampu menahan beban dengan kapasitas sebesar itu, timbangan lantai harus didukung dengan load cell yang diposisikan diantara dua plat untuk menahan beban diatasnya. Jumlah dan karakteristik load cell yang diletakan di bawah plat sangat menentukan kapasitas beban yang dapat diukur oleh timbangan lantai. Load cell yang biasa digunakan untuk timbangan lantai adalah load cell jenis shear beam. 

Adapun load cell yang diletakkan, diposisikan secara simetris di bawah plat sehingga berat beban yang diberikan tersebar merata pada masing-masing load cell. Hal ini diperlukan untuk memberikan informasi beban yang lebih akurat pada layar indikator. 
Timbangan lantai diciptakan untk keperluan heavy duty industri. Adapun material atau komponen penyusun timbangan lantai diantaranya Plat, H Beam, WF, Siku, dan sebagainya. Bahkan seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi timbangan lantai kini juga dibuat semakin simpel dan efisien, ada yang dengan menggunakan balok load cell sebagai alat sensor digitalnya timbangan ini sudah dapat difungsikan dengan baik.

Dengan demikian load cell memiliki peran penting dalam menentukan kapasitas beban yang mampu diukur oleh timbangan lantai. Jika anda membutuhkan berbagai jenis load cell maupun timbangan lantai, silahkan hubungi kami :
Mealabs Indonesia021-3030 6260 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)


Komentar