PERAN LOAD CELL PADA MESIN UTM

UTM atau Universal Testing Machine merupakan sebuah mesin yang sering digunakan dalam bidang industri untuk melakukan uji tarik dan uji tekan pada material yang akan digunakan dalam proses produksi. Pada penggunaan alat uji tekan memerlukan perhatian yang cukup karena melibatkan material yang cukup besar untuk mengukur kekuatan tekan.

Load Cell Mesin UTM


Kekuatan tekan adalah kapasitas suatu bahan atau struktur dalam menahan beban yang mengurangi ukurannya. Mesin uji tekan biasanya mempunyai beberapa perangkat keras, kontrol panel serta dilengkapi dengan software.
Salah satu hardware terpenting adalah dua penjepit benda yang disebut test accessory. Umumnya mesin UTM digunakan pada uji tekan dan uji tarik serta perangkat test acessory tersebut dapat diganti sesuai dengan penggunaan yang diinginkan.

Pada ujung penjepit dipasang transducer load cell yang berfungsi untuk mengukur kekuatan tekanan dari benda yang diukur. Pada kontrol panel mesin UTM terdapat manual kontrol yang berguna dalm mengatur posisi penjepit yang digerakan oleh encoder.

Pada umumnya mesin UTM yang terbaru menggunakan sistem komputerisasi pengendalian servo sehingga perubaan gerakan hidrolis akan terkendali dan tercatat dengan akurat dengan masukan data yang dapat disimpan dalam bentuk excel atau word sesuai harapan penggunaan alat. 


FOR INFORMATION !!
Kami Mealabs Indonesia, menjual berbagai jenis load cell industri berkualitas dan akurat. Jika anda sedang mencari atau membutuhkan load cell, silahkan hubungi kami :
Mealabs Indonesia
021-3030 6260 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)

Komentar