CARA MENGATASI ERROR ATAU KERUSAKAN PADA TIMBANGAN DIGITAL

Timbangan digital merupakan timbangan dengan sistem yang canggih dan praktis untuk digunakan namun seperti barang pada umumnya timbangan digital juga bisa mengalami error atau rusak. Hal ini dapat terjadi karena telah digunakan dalam waktu yang lama atau bisa juga karena pola penggunaan yang kurang tepat. Error atau kerusakan pada timbangan digital beragam jenisnya, mulai dari hasil penimbangan yang tidak akurat bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Karena jenis kerusakan yang biasa terjadi pada timbangan digital beragam, penanganannya pun juga memiliki berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara dalam menangani timbangan digital yang error/rusak.
  • Perhatikan Performa Baterai
    Jika suatu waktu timbangan digital anda tidak dapat berfungsi, jangan panik terlebih dahulu karena bisa jadi baterai timbangan tersebut habis sehingga anda harus menggantikannya dengan yang baru atau mengisi ulang (recharge) jika yang digunakan adalah jenis baterai isi ulang (rechargeable).
  • Melakukan kalibrasi
    Tidak semua para pengguna mengetahui kerusakan yang terjadi pada timbangan digital terutama jika pengguna tidak rutin melakukan kalibrasi. Maka kalibrasi menjadi penting dilakukan secara rutin untuk mengetahui apakah timbangan digital tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Cara kalibrasi pada dasarnya cukup mudah yaitu dengan memilih satu benda yang sekiranya tidak berubah beratnya dari waktu ke waktu. Misalnya batu atau kayu dengan ukuran sedang. Timbang benda tersebut dan catat dengan benar beratnya. Gunakan berat benda tersebut sebagai patokan apakah timbangan masih bekerja dengan benar atau telah berubah di kemudian hari.
  • Menggunakan Jasa Servis Timbangan Digital
    Jika kerusakan terjadi pada bagian mesin dalam, hal ini tentu tidak bisa dilakukan perbaikan secara pribadi sehingga anda harus menyerahkannya kepada ahlinya. Setelah anda secara pribadi melakukan pengecekan baterai dan kalibrasi anda tentu dapat menyimpulkan timbangan digital tersebut rusak atau tidak. Jika kemungkinan besar terjadi kerusakan, maka segera bawa ke tempat service untuk penanganan lebih cepat dan maksimal. 
Demikianlah cara mengatasi error atau kerusakan pada timbangan digital. Jika anda menemukan beberapa kendala dalam operasional timbangan digital anda jangan terburu-buru untuk menggantinya dengan unit baru. Selama kerusakan tidak terlalu parah, timbangan digital tersebut masih dapat diperbaiki.

Kami Mealabs Indonesia menerima jasa service timbangan digital. Kami dapat mengatasi dan memberikan solusi bagi timbangan digital yang error atau kerusakan pada timbangan digital. 

Service Timbangan Digital

Jika anda memiliki masalah pada timbangan digital anda, silahkan hubungi kami di kontak berikut :
021-30306260 (call only)
0818-0690-5207 (call/sms/whatsapp)




Komentar