BEBERAPA FITUR MENARIK YANG DIMILIKI TIMBANGAN LANTAI

Timbangan lantai merupakan timbangan yang memiliki kapasitas penimbangan yang besar. Pada skala industri timbangan lantai memiliki kapasitas yang mecapai ribuan kilogram atau ton. Selain memiliki kapasitas yang besar, timbangan lantai memiliki beberapa fitur yang dapat sangat membantu proses industri.

Timbangan Lantai untuk Industri

Fitur yang dimiliki timbangan lantai yang utama adalah kekuatan yang didapatkan dari kualitas material yang digunakan untuk menyusun konstruksi suatu unit timbangan lantai. Karena ditujukan untuk menimbang barang-barang dengan kapasitas besar material yang digunakan jelas harus kuat dalam menahan beban. Material yang digunakan biasanya plat baja dengan grade yang tinggi. Selain material yang kuat timbangan lantai juga di lengkapi dengan beberapa load cell yang ditempatkan pada titik-titik tertentu guna mendukung operasi dari timbangan lantai itu sendiri.

Fitur lain yang dimiliki oleh timbangan lantai untuk keperluan industri adalah fitur tahan air. Dimana fitur ini biasa mengandalkan penggunaan seal khusus, sehingga pada saat melakukan penimbangan barang-barang berair, air tidak langsung mengenai bagian-bagian penting dalam timbangan yang bisa menyebabkan kerusakan pada timbangan. Selain tahan air, timbangan lantai biasanya juga dilengkapi dengan fitur anti-korosi. Fitur ini diciptakan dengan penggunaan logam alloy khusus. Jadi timbangan akan bertahan walaupun berada di lingkungan yang lembab, terkena air ataupun bahan-bahan lain yang dapat menyebabkan korosi.

Ketahanan terhadap air dan korosi ini menjadi salah satu fitur penting karena banyak industri yang kegiatan penimbangannya berkenaan dengan cairan. Dengan adanya fitur tersebut timbangan tidak akan mudah rusak walaupun dipakai untuk menimbang barang yang basah dan berair ataupun kecelakaan kerja yang menyebkan timbangan terkena air atau cairan lainnya.

Selain beberapa fitur-fitur utama diatas ada juga beberapa fitur khusus yang dimiliki pada beberapa timbangan lantai yaitu gas assisted lift deck atau deck yang bisa dinaikan dengan bantuan silinder khusus yang diberi tekanan udara. Fitur ini akan mempermudah akses ke bagian dalam timbangan sehingga lebih mudah melakukan pembersihan dan perawatan timbangan. Fitur pelengkap lain seperti frame, ramp juga dapat ditambahkan untuk mempermudah peletakkan barang yang akan ditimbang dan beberapa fitur canggih seperti indikator, wi-fi serta fitur andi ledakan juga digunakan pada tipe timbangan tertentu. 

Berbeda industri berbeda juga kebutuhannya, oleh sebab itu pemilihan jenis timbangan haruslah dilakukan secara teliti sehingga anda bisa mendapatkan timbangan lantai dengan fitur yang memang sesuai dengan kebutuhan industri anda.


Hubungi Kami :
Mealabs Indonesia
021 - 2853 5279 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)


Komentar