Waspada!!! Kecurangan Penimbangan yang Dilakukan Oleh 'oknum' Pedagang

Kecurangan Timbangan

Timbangan DigitalPada saat berbelanja di pasar pastinya beberapa bahan atau barang makanan yang anda beli pengukuran serta penentuan harganya berdasarkan berat barangnya bukan? Namun seringkali anda merasa kecewa akan penimbangan oleh beberapa oknum pedagang yang berlaku curang. Kecurangan dilakukan oleh beberapa oknum pedagang “nakal” ini memiliki tujuan yang tidak lain dan tidak bukan untuk meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Walaupun tanpa mereka sadari, jika kecurangan ini diketahui oleh pelanggannya akan membuat mereka merasa tidak ingin belanja lagi.

Dari sekian banyak kecurangan yang dilakukan oleh beberapa pedagang “nakal” mengotak-atik timbangan adalah salah satu yang seringkali dilakukan. Cara ini bisa dilakukan baik dalam jumlah yang kecil hingga jumlah yang besar. Jika timbangan diotak-atik maka berat pastinya akan berkurang dari normalnya. Biasanya timbangan menjadi memiliki selisih maksimal 0,9 hingga 1 kg dari berat normalnya.

Selain dengan mengotak-atik timbangan, kecurangan lain yang biasanya ditemui adalah menambah beban pada barang yang ditimbang. Misalnya ketika anda membeli buah, ada beberapa pedagang yang menyetakan ranting dan daunnya pada saat menimbang dengan alas an agar buah yang dibeli masih fresh atau agar mudah dalam memegangnya. Hal ini tentu akan membuat buah yang kita beli bertambah beratnya dan harga yang kita dapatkan akan lebih mahal.

Jadi agar terhindar dari oknum pedagang “nakal” seperti ini, anda haruslah memperhatikan dengan teliti pada saat penimbangan dilakukan serta mampu menganalisa berat kira-kira barang yang akan anda beli. Jika berat yang tertera pada timbangan ternyata jauh sekali dari perkiraan anda, maka pikirkan ulang untuk membeli barang di pedagang tersebut. Namun jika anda sudah terlanjur membeli barang pada satu pedagang dan anda merasa ragu akan timbangannya, lakukanlah penimbangan kembali untuk memastikan keakuratan timbangan yang digunakan pedagang tentunya dengan timbangan yang memang sudah memenuhi standar kalibrasi dan tera. Jika terbukti  terjadi kecurangan anda dapat menjadikannya pelajaran untuk berhati-hati dan menghindari oknum pedahang “nakal” seperti itu. Sebisa mungkin jangan sampai anda terkena perilaku curang para pedagang.

Demikian beberapa trik kecurangan timbangan yang sering dilakukan oleh oknum pedagang yang harus diwaspadai. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian.
Terima kasih sudah berkunjung :)



More Information :
Mealabs Indonesia, menjual berbagai jenis timbangan baik digital maupun manual yang berkualitas, memenuhi standar kalibrasi dan tera, serta legal digunakan untuk perdagangan. Informasi lengkap mengenai  timbangan, silahkan hubungi kami :
021-2853 5279 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)


Komentar