PENTINGNYA BADAN METROLOGI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

Segala jenis kegiatan manusia tentunya saling memiliki keterikatan antara satu dengan yang lainnya. Sama halnya dalam hal pengukuran dalam kehidupan manusia. Sejak manusia lahir tentu kegiatan pengukuran sudah sering dilakukan misalnya pengukuran berat badan. Selain pengukuran berat badan, kegiatan masyarakat lainnya adalah kegiatan perdagangan yang mana juga erat kaitannya dengan pengukuran.

Tera MetrologiDalam pengukuran seputar perhitungan berat dalam pemasaran tidak hanya perihal mengukur saja,, namun jalannya perhitungan berat dari suatu kegiatan jual beli ada suatu badan yang berperan, yaitu badan metrologi. Sebagai contoh, saat kita berbelanja buah-buahan atau sayuran di pasar tentunya pedagang menggunakan timbangan sebagai alat penentu berat sayuran atau buah yang dijual dan dari berat akan kemudian ditentukan harganya. Timbangan yang dipakai tiap-tiap pedagang tentu memiliki jenis yang beragam namun badan metrologi disini berperan untuk menentukan standarisasi timbangan yang digunakan oleh para pedagang.

Selain masalah pengukuran dalam sebuah perdagangan, badan metrologi juga memiliki peran penting dalam semua lini kehidupan masyarakat. Hal ini karena dalam setiap kegiatan pengukuran dalam bidang apapun tentunya harus ada acuan yang pasti dan telah disepakati bersama, di mana standar ukuran yang ditentukan oleh badan metrologi bersifat baku.

Contoh lainnya, sebuah timbangan dikatakan pas atau sesuai dengan ukuran jika pemiliknya secara rutin melakukan kalibrasi terhadap timbangan tersebut. Dengan adanya proses kalibrasi atau yang sering dikenal dengan tera maka sebuah timbangan akan bekerja sebagaimana mestinya dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan ketentuan yang didukung oleh sertifikat penjamin mutu dari timbangan tersebut.

Dengan demikian badan metrologi dalam menyikapi kegiatan dunia industri dan pasar global seperti sekarang ini sangatlah memiliki peran yang penting. Karena badan metrologi bisa memberikan kepastian ukuran, standarisasi dari sebuah hal dan mekanisme kerja ilmiah dari sebuah kegiatan ilmiah. Tidak dipungkiri jika badan metrologi selau dibutuhkan dan menjadi pelengkap kehidupan masyarakat.

MENERIMA JASA KALIBRASI & TERA METROLOGI
Hubungi kami :
Mealabs Indonesia021- 2853 5279 (call only)
0818 0690 5207 (call/whatsapp)
karina@mealabs.com (email)
www.mealabs-timbangan.com

Komentar